efek ringan

- See more at: http://raxterbloom.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-efek-gelembung-melayang-di.html#sthash.KUsJ9ppj.dpuf

Burung Menciut karena Global Warming

20.13 | , ,

Pemanasan global diperkirakan membuat ukuran tubuh unggas di alam semakin menyusut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Australian National University, sekira delapan spesies burung di Australia mengalami penyusutan ukuran tubuh sekira dua hingga empat persen sepanjang satu abad terakhir.

Penyesuaian ukuran tubuh itu merupakan bagian dari proses adaptasi yang dilakukan oleh hewan. Dampak dari pemanasan global yang menimpa dunia saat ini dirasakan cukup signifikan bagi hewan-hewan liar.

Peneliti di Australia National University mengungkapkan hewan-hewan yang berada di dekat garis Katulistiwa akan mengalami penyusutan tubuh, sedangkan yang berada di dekat kutub akan mengalami pembesaran ukuran tubuh. Demikian dilansir Telegraph, Rabu (12/8/2009).

Penyusutan ukuran tubuh pada uggas semakin pesat terjadi sejak kurun waktu 20 hingga 30 tahun terakhir. "Kami baru saja meneliti untuk pertama kalinya bahwa ukuran burung telah berubah seiring dengan meningkatnya temperatur," ujar peneliti Australian National University, Dr Janet Gardner.

Gardner mengungkapkan, penelitian dilakukan terhadap 517 bulu burung yang dikumpulkan selama 140 tahun antara 1860 dan 2001. Fakta lain yang ditemukan, rata-rata ukuran sayap berkurang dua hingga empat persen. (srn)

0 komentar:

Posting Komentar